Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Hp Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak

 Saat ini hampir setiap orang memiliki handphone atau smartphone sebagai alat komunikasi. Smartphone memang dibuat sekuat mungkin agar alat tersebut awet saat digunakan, mengingat ponsel jaman sekarang hampir selalu digunakan secara real time.

Meskipun demikian, kita harus selalu menjaga dan merawat ponsel dengan baik agar awet.


Pada artikel kali ini, Anda bisa melihat beberapa tahapan cara merawat smartphone.

1. Bersihkan semua kotoran dari smartphone

Hal yang tidak penting ini adalah yang paling sering diabaikan oleh pengguna smartphone. Walaupun kotoran atau debu yang menempel akan berdampak tidak langsung pada daya tahan dan performa dari smartphone itu sendiri. Debu yang menempel di layar mengurangi daya sentuh dan menyebabkan layar error seiring waktu.

Begitu pula dengan kotoran yang menempel di bagian body akan membuat smartphone kesayangan Anda berjamur seiring waktu. Jika ponsel tidak dapat mengisi daya dengan baik karena kotoran, debu yang menempel pada port atau komponen port juga dapat menurunkan performa. Alhasil, ponsel Anda akan mengalami kerusakan.

2. Perhatian terus-menerus pada Bagian Perangkat Lunak

Perangkat lunak adalah sistem operasi yang menjalankan smartphone dan semua aplikasi yang diinstal di dalamnya. Anda dapat mengupdate atau mengupdate software secara berkala untuk metode perawatan pada bagian ini. Kontrol aplikasi yang terinstal di ponsel Anda; jika Anda yakin ada yang tidak lagi Anda perlukan, hapus saja.

Harap diingat bahwa aplikasi yang diinstal pada ponsel Android terkadang berjalan di latar belakang meskipun Anda tidak menggunakannya. Jika Anda tidak mencopot pemasangan atau menghapus aplikasi yang tidak lagi diperlukan, aplikasi tersebut akan terus berjalan dan menghabiskan sumber daya perangkat.

3. Sering Restart Smartphone

Ponsel cerdas yang bekerja atau hidup terus menerus akan mengalami kesalahan perangkat lunak akibat penggunaan sehari-hari. Kesalahan biasanya tidak terlihat, dan Anda tidak akan menyadarinya. Namun, hal ini akan menyebabkan komponen bekerja lebih keras, mulai dari prosesor, RAM, dan GPU. Akibatnya jika dibiarkan terus menerus, komponen tersebut tidak akan bertahan lama.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda harus me-restart telepon Anda setidaknya sekali setiap 24 jam. Karena restart menyebabkan semua sistem dan aplikasi dimuat ulang dari awal. Cukup tekan dan tahan tombol power sambil memilih restart/reboot atau reload untuk restart. Anda juga dapat mematikan smartphone lalu menghidupkannya kembali.

4. Berhati-hatilah dalam menghapus file yang tidak perlu

File sampah terkadang dianggap remeh oleh pengguna smartphone, padahal secara tidak langsung dapat merusak komponen memori dalam jangka panjang. Alhasil, rajin-rajinlah menghapus file sampah atau file yang sudah tidak dibutuhkan lagi untuk memastikan daya tahan smartphone tetap optimal.

Anda bisa menghapus file-file sampah tersebut secara manual, atau jika tidak ingin repot, Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tersedia di Google Play Store, seperti CCleaner, Avast Cleanup, Speed Booster, Clean Master, dan masih banyak lagi lainnya.

5. Jangan biarkan baterai kehabisan daya

Karena menggunakan smartphone itu menyenangkan, kami terus menggunakannya terlepas dari sisa energi di perangkat. Namun, membiarkan smartphone dengan daya baterai kurang dari 15% dapat merusak komponen baterai dalam jangka panjang.

Akibatnya, selalu isi daya segera setelah baterai perangkat Anda mendekati 15%. Selain itu, jangan terlalu sering menggunakan powerbank. Sebaiknya gunakan power bank hanya dalam keadaan darurat di mana Anda tidak dapat mengakses listrik, seperti saat bepergian, berkemah, atau mengikuti kegiatan lain di mana listrik tidak tersedia.

Posting Komentar untuk "Cara Merawat Hp Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak"