Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Wifi Hilang di Windows 10

 Masalah WiFi adalah bug yang sering ditemui oleh banyak pengguna Windows 10. Masalah koneksi wifi ini sering menimpa mereka yang baru saja memutakhirkan komputernya ke Windows 10. Masalah yang paling umum adalah hilangnya ikon WiFi di komputer Windows 10 mereka, tanpa penyebab yang jelas.


Padahal, ini adalah kejadian minor yang seringkali menyulitkan pengguna Windows 10 untuk terhubung ke jaringan internet dan mengakses beberapa fitur yang membutuhkan jaringan. Lantas, apa yang harus kita lakukan untuk memperbaiki jaringan WiFi yang hilang secara misterius?

Cara Memperbaiki Wifi di Windows 10:

Instal driver WiFi terbaru

Langkah pertama adalah memperbarui atau mengganti driver wifi. Hal ini dikarenakan versi driver wifi terkadang kedaluwarsa setelah upgrade ke Windows 10. Akibatnya, driver yang sebelumnya mendukung sistem operasi sebelumnya bertabrakan dengan sistem Windows 10. Jika memungkinkan, perbarui driver wifi ke versi baru menggunakan metode yang diuraikan di bawah ini.

  1. Klik Mulai, lalu cari Pengelola Perangkat, atau ketik "Pengelola Perangkat" langsung ke dalam kotak pencarian di sebelah menu mulai.
  2. Kemudian, di bagian "Adaptor jaringan", klik kanan pada driver WiFi dan pilih "Perbarui driver".
  3. Silakan pilih "Cari secara otomatis untuk perangkat lunak driver yang diperbarui" dari dua opsi untuk memperbarui. Kemudian tunggu hingga proses selesai.

Jika Anda telah mencoba yang lain dan masalah masih berlanjut, coba langkah kedua di bawah ini. Sebagai catatan, driver untuk Windows 10 terkadang disertakan dalam paket pembaruan OS. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu mengupdate Windows 10 ke versi terbaru.

Mulai ulang Koneksi Jaringan jika perlu

Network Connections merupakan komponen penting yang bertugas menjaga operasional koneksi internet. Dalam beberapa kasus, sistem koneksi jaringan mungkin mengalami kesalahan dan perlu dimulai ulang. Untuk memulai ulang komponen ini, gunakan prosedur berikut.

  • Silahkan tekan "Windows + R", lalu ketik "services.msc" tanpa tanda petik dan tekan Enter.
  • Kemudian Anda mencari "Koneksi Jaringan", klik kanan, lalu klik mulai.
  • Periksa ikon wifi komputer Anda. Jika ikon WiFi tidak muncul, Anda mungkin perlu melakukan langkah-langkah berikut:
  • Remote procedure call.
  • Plug and Play.
  • Remote Access Connection Manager.
  • Telephony

Visibilitas Ikon Aktifkan WiFi

Masalah ikon wifi yang hilang terkadang disebabkan oleh pengguna secara tidak sengaja. Tidak adanya ikon WiFi biasanya disebabkan oleh ketidaksengajaan menonaktifkan visibilitasnya di Taskbar Windows 10. Untuk meringkas, inilah cara Anda melakukannya.

  1. Silakan klik kanan pada tampilan desktop dan pilih "Personalisasi".
  2. Kemudian pilih menu Taskbar.
  3. Pilih "Aktifkan atau nonaktifkan ikon sistem" di layar berikutnya.
  4. Periksa apakah status Jaringan aktif.
  5. Periksa untuk melihat apakah ikon WiFi di komputer Anda telah muncul.

Periksa Pemecah Masalah Adaptor Jaringan

Fitur Pemecah Masalah Windows dapat membantu Anda menemukan sumber semua masalah dan segera memperbaikinya. Berikut cara menggunakan fitur Pemecah Masalah jika Anda tidak terbiasa dengannya.

  1. Pilih Mulai, lalu "Troubleshoot settings".
  2. Klik "Koneksi Internet", lalu "Jalankan pemecah masalah".
  3. Harap tunggu hingga prosedur ini selesai. Jika masalah ditemukan, fitur Pemecah Masalah dapat memberikan solusi segera.
  4. Mulai ulang Windows Explorer.

Opsi terakhir untuk mengembalikan ikon WiFi yang hilang adalah dengan merestart atau memuat ulang Windows Explorer, yang dapat dilakukan sebagai berikut:

  1. Klik kanan pada Taskbar, lalu pilih Task Manager.
  2. Cari Windows Explorer di halaman tab Processes.
  3. Jika sudah ketemu, klik kanan pada Windows Explorer dan pilih Restart.
  4. coba Periksa untuk melihat apakah ikon WiFi terlihat.

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki Wifi Hilang di Windows 10"